Apresiasi Pengendara Tertib, Sat Lantas Polresta Magelang Bagikan Bunga Dalam Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas

Polresta Magelang-Polda Jawa Tengah – Dalam rangka Operasi Zebra Candi 2023 yang dilaksanakan sejak pekan lalu, Sat Lantas Polresta Magelang di bawah pimpinan Kompol Agus Santoso, S.E., S.I.K., M.H., melaksanakan kegiatan sosialisasi. Kegiatan dilakukan di Simpang Tiga Karet, jalan Soekarno-Hatta, Mungkid, pada Sabtu (16/09/2023) pagi.

Bentuk sosialisasi berupa imbauan tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas bagi pengguna kendaraan bermotor. Serta pembagian 100 tangkai bunga mawar kepada pengguna kendaraan bermotor yang tertib berlalu lintas.

Tertib berlalu lintas merupakan bentuk kesadaran yang wajib dimiliki oleh masyarakat, guna menjaga keselamatan dan keteraturan lalulintas. Sehingga terhindar dari pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan sanksi hukum, kecelakaan, bahkan kerugian jiwa.

Dalam hal ini, tertib berlalu lintas tidak hanya wajib diterapkan oleh setiap pengguna jalan, meliputi pengguna kendaraan bermotor maupun pejalan kaki yang melintasi jalan raya di kawasan tertib lalu lintas saja. Tetapi juga jalan raya lain yang mereka lalui.

Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., melalui Kasat Lantas Polresta Magelang Kompol Agus Santoso menegaskan bahwa tujuan dari sosialisasi ini.

“Sosialisasi tertib berlalulintas ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan masyarakat terhadap tata tertib berlalu lintas di jalan raya. Sehingga upaya ini diharapkan dapat menjadi langkah efektif dalam menekan angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalulintas,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, anggota Sat Lantas Polresta Magelang tidak hanya menyampaikan sosialisasi saja. Tetapi lebih dari itu, ada bentuk apresiasi lain bagi pengendara yang mematuhi tata tertib lalu lintas dan menerapkan prinsip safety riding.

“Selain sosialisasi, sebagai bentuk apresiasi anggota Sat Lantas Polresta Magelang juga membagikan 100 tangkai bunga mawar kepada para pengendara yang tertib dalam berlalu lintas,” ungkap Kompol Agus Santoso.

Terlaksananya kegiatan edukatif dan persuasif secara humanis melalui sosialisasi tertib berlalulintas diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang. Yaitu dengan meningkatnya tingkat kepatuhan berlalulintas para pengguna jalan khususnya di wilayah hukum Polresta Magelang.

“Sehingga dapat mewujudkan kawasan berlalu lintas yang lebih aman, tertib, dan lancar,” pungkas Kompol Agus Santoso. (*)

Leave a Reply